Protected by Copyscape Plagiarism Checker

October 19, 2010

Contoh TOEFL® ITP Score Slip

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya tentang TOEFL® ITP, bahwa score ITP tidak bisa dipergunakan sebagai admission requirements ke universitas di luar negeri adalah fakta. Jika pun scholarship foundation mempersyaratkan ITP score, maka score itu hanyalah syarat untuk foundation tersebut, bukan syarat untuk masuk ke Univ yang dituju. ETS bahkan menekankan peringatan ini di dalam score slip ITP. Perhatikan contoh TOEFL®  ITP Score Slip di bawah ini:



Catatan: Score slip asli menggunakan kertas dengan background warna merah muda, bukan putih.

Sekarang perhatikan peringatan yang tercantum di dalam score slip ITP yang dikeluarkan oleh ETS:

Pertama, perhatikan tulisan kecil di dalam kotak, "ITP score record is NOT to be used to fulfill entrance requirements to universities. It is for the administering institution only." Pernyataan ini adalah peringatan bahwa ITP score TIDAK digunakan untuk memenuhi persyaratan memasuki sebuah Universitas.

Kedua, perhatikan tulisan yang digarisbawahi merah, "..scores are reported to the institution administering the test and cannot be transferred to other institution" sekali lagi menekankan bahwa score ITP tidak bisa berlaku selain untuk kepentingan institusi penyelenggara ITP exam.


Ketiga, perhatikan tulisan yang di highlight kuning, "if candidates need TOEFL scores for admissions to universities and colleges, they must take the TOEFL test" Pernyataan ini menekankan lagi bahwa, untuk memenuhi admission requirements ke universitas, yang diwajibkan bukan ITP score melainkan TOEFL (International) score yang diselenggarakan oleh ETS langsung.

Oleh karena itu, maka peserta scholarship yang lolos evaluasi dari scholarship foundation, tetap akan diminta TOEFL score (international), yaitu iBT atau PBT (lihat tentang TOEFL® PBT dari ETS) oleh universitas yang bersangkutan.

No comments:

Post a Comment