Menilai (rating) Respon Speaking dan Writing
Speaking
Seluruh respon speaking pada 6 pertanyaan yang diberikan secara otomatis terekam dan dikirim ke ETS’s Online Scoring Network. Respon setiap peserta test dinilai oleh antara 3 sampai 6 rater yang bersertifikat. Respon peserta diberikan skala score total antara 0 sampai 30. Raters (penilai) mendengarkan beberapa hal berikut dalam menentukan penilaian:
Delivery: Bagaimana kejelasan respon peserta? Respon yang baik adalah yang respon yang padat dan jelas, dengan pengucapan (pronunciation) yang baik, jeda yang natural dan intonasi bentuk suara yang natural. Natural yang dimaksud adalah bagaimana peserta mengucapkan kalimat, memotong kalimat, dan mengakhiri kalimat dengan menggunakan intonasi dan emosi yang tepat dengan menggunakan perasaan.
Language use: Bagaimana peserta menggunakan grammar dan vocabulary dengan efektif dalam menuangkan ide-ide nya? Raters menentukan kemampuan peserta dalam mengkontrol kedua dasar kemampuan tersebut dalam berbagai struktur kalimat atau kata yang lebih kompleks dengan menggunakan vocabulary yang tepat.
Development: Berapa banyak/panjang jawaban peserta dan bagaimana jawaban tersebut memiliki kesatuan/hubungan yang tepat dan sesuai dengan pertanyaan yang diberikan? Bagaimana peserta dapat mengelompokkan dan merangkum informasi yang diberikan pada integrated tasks? Respon yang baik umumnya yang dapat memanfaatkan waktu maksimal yang diberikan, dan memiliki hubungan yang jelas dan ide dan sub-ide. Pengembangan setiap ide awal dan yang berikutnya harus jelas dan mudah untuk diikuti.
Perlu diketahui bahwa raters tidak berharap setiap peserta test dapat menjawab seluruh soal dengan sempurna. Bahkan respon yang diberi score tinggi dapat memiliki kesalahan dan masalah yang kecil prosentasenya pada ketiga area penilaian di atas.
Writing
Seluruh respon soal writing juga terekam dan dikirim ke ETS’s Online Scoring Network. Respon dinilai oleh 2 sampai 4 raters dengan skala score 0 - 30.
Respon pada soal integrated writing dinilai berdasarkan kualitas tulisan ( organisasi, ketepatan dan kesesuaian penggunaan grammar dan vocabulary) serta kelengkapan dan ketepatan isinya.
Essay pada independent writing dinilai berdasarkan kualitas tulisan secara keseluruhan: membangun ide, organisasi ide, dan kesesuaian serta ketepatan penggunaan grammar dan vocabulary.
Perlu diketahui bahwa raters bisa mengetahui nilai awal peserta berdasarkan pada paragraph pertama tulisan peserta. Raters tidak berharap peserta test dapat menghasilkan sebuah tulisan analitis seperti sebuah research atau pun essay yang padat isi. Oleh karena itu peserta test juga bisa memperoleh score tinggi meskipun memiliki kesalahan pada area yang sama.
(Disadur dari TOEFL_Tips E-Booklet, ETS, 2008)
No comments:
Post a Comment