Protected by Copyscape Plagiarism Checker

January 29, 2011

TOEFL® PBT, is it still exist?

Banyak sekali kebingungan yang masih tergambarkan di wajah para calon pelamar beasiswa atau penerima beasiswa. Kebingungan terjadi ketika mereka menerima syarat TOEFL score yang tertera pada lembar aplikasi dari Universitas yang bersangkutan. Syarat TOEFL score yang diberikan oleh Universitas di Luar Negeri, mayoritas menuliskan syarat "...menyertakanTOEFL PBT score atau TOEFL iBT score". TOEFL PBT score yang mana yang sebenarnya diinginkan oleh Universitas tersebut? bukankah TOEFL PBT sudah tidak ada lagi karena sudah digantikan dengan iBT?


Perlu diketahui oleh seluruh civitas akademika, terutama di Indonesia, bahwa TOEFL PBT yang dimaksudkan oleh banyak Universitas di Luar Negeri adalah TOEFL PBT International resmi dari ETS. Baca tentang PBT dari ETS. Bukan PBT yang dibuat oleh lembaga-lembaga bahasa Inggris yang ada di Indonesia dan bukan pula ITP. Karena jika mereka mempersilahkan ITP score, maka mereka akan menuliskannya dengan "....TOEFL ITP score atau TOEFL PBT score atau TOEFL iBT score".

TOEFL PBT di selenggarakan di wilayah negara yang di wilayah itu tidak terdapat iBT-TOEFL Center. Bagaimana dengan di Indonesia? Sayangnya.. PBT sudah tidak disediakan lagi di Indonesia, karena di Indonesia sudah terdapat banyak sekali iBT-TOEFL Center hampir di seluruh wilayah ibukota di Indonesia. TOEFL PBT masih terselenggara di Iceland, Iran, Iraq dan Israel. Dengan demikian untuk peserta beasiswa yang berasal dari Indonesia tidak memungkinkan untuk mengikuti TOEFL PBT di Indonesia. Maka, suka-tidak suka, mereka harus menyertakan TOEFL iBT Score.

No comments:

Post a Comment