Protected by Copyscape Plagiarism Checker

September 20, 2010

TOEFL® iBT Tips

Gunakan English Setiap Hari

Tetap kan beberapa waktu setiap hari untuk berkomunikasi hanya dengan English Language. Mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis dengan English di setiap kesempatan yang anda punya.

Menulis

Kirim e-mails, buat catatan untuk diri anda sendiri dan tulis catatan harian, menggunakan berbagai kata baru dan ekspresi yang umum dalam English. Hal ini membantu anda dalam berlatih membuat kalimat dan kosa kata.


Mendengarkan
Dengarkan musik, online broadcasts, radio, televisi dan film dalam English Language. Lebih sering anda mendengarkan, akan semakin terlatih diri anda memahami kosa kata dan ekspresi dalam English. Musik membantu anda mengenal ritme dan penekanan kalimat dalam mengucapkan sebuah kalimat. Perhatikan dengan baik setiap kata-katanya.

Membaca

Membaca adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan kosa kata anda dalam English. Berbagai materi bacaan dalam English Language  — koran, majalah, buku dan website — akan sangat berguna.

Tip dalam Speaking Test

Konsentrasi dalam berbicara dengan keras dan jelas dan gunakan lafal (pronunciation) serta intonasi yang baik. Berlatihlah bicara dengan beberapa pokok pikiran yang sama agar anda mendapatkan alur yang baik.  Beri jeda pada setiap prepositional phrases dengan pokok pikiran yang berhubungan. Gunakan emosi dan perasaan pada setiap kalimat yang anda ucapkan. Berlatihlah dengan mengucapkan sebuah kalimat yang sama dalam bahasa Indonesia dan kemudian coba untuk mencocokkan bahasa tubuh serta perasaan yang anda gunakan di saat anda mengucapkannya dalam English.

Simpan Journal

Tulis semua kebutuhan/keperluan anda yang dipakai untuk perkuliahan atau event lain dalam keseharian anda dalam English. Hal ini sangat baik untuk membantu anda berlatih mengorganisasikan pikiran/ide dan berlatih dalam menulis. Anda dapat juga berlatih membacanya sembari mengucapkan dengan keras dan baik.

Berlatih dengan QWERTY Keyboard

Karena test iBT menggunakan standar QWERTY keyboard, maka sebaiknya anda berlatih untuk mengetik dengan keyboard dengan baik sehingga melatih anda menggunakan waktu test dengan lebih efektif untuk menulis jawaban.

Tip sukses pada hari test

  • Berpakainlah dengan nyaman dan sopan. Sesuaikan dengan kemungkinan temperatur ruangan (biasanya mengunakan AC) dan lokasi dimana test center berada.
  • Sarapan terlebih dahulu.
  • Hadir di test center paling lambat 30 menit lebih awal dari jadwal test.
  • Perhatikan arah ke test center agar anda tidak membuang waktu mencari jalan ke tujuan.
  • Jangan panik. Konsentrasi pada setiap tugas yang muncul di layar anda. Jangan berpikir lagi tentang pertanyaan yang telah anda jawab.
  • Jangan menghabiskan waktu terlalu lama pada setiap soal.
  • Jangan meninggalkan pertanyaan tidak terjawab. Jika anda tidak yakin jawaban yang benar, pilihlah jawaban yang menurut anda paling mendekati benar.
  • Atur dengan baik diri anda setiap menjawab pertanyaan agar tidak tergesa-gesa menjawab pertanyaan-pertanyaan terakhir pada batas waktu mendekati akhir.
Sebaiknya anda mempersiapkan diri menghadapi test iBT dengan menjalankan training pada Test Center yang menyediakan iBT Training Program. Apalagi jika anda memiliki target score tertentu yang cukup tinggi. Dengan menjalankan training di sebuah lembaga iBT Preparation anda akan lebih dibantu untuk menguasai materi test sehingga dapat mendukung anda untuk meningkatkan score hingga mencapai target score yang anda harapkan. Kelemahan belajar sendiri adalah, anda tidak akan maksimal mengetahui letak kesalahan anda menjawab soal dan bagaimana cara yang tepat untuk memperbaikinya sehingga kesalahan tersebut tidak terulang atau bisa diminimalisasi, kecuali ada seorang tutor yang ahli di bidang iBT training yang bisa membimbing anda untuk lebih baik.

Ada pun tips untuk mencari lembaga iBT prep yang tepat agar kemampuan anda benar terlatih dengan maksimal:
  1. Pastikan bahwa lembaga tersebut memiliki materi yang up date dan sesuai dengan iBT-TOEFL Testing dari ETS. 
  2. Pastikan bahwa materi yang akan diberikan adalah materi iBT bukan yang lain, seperti PBT atau ITP.
  3. Pastikan bahwa lembaga tersebut memiliki fasilitas yang sesuai dengan standar iBT-TOEFL Test, seperti menggunakan komputer dan software iBT (bukan PBT atau ITP).
  4. Lebih baik pilih lembaga yang menggunakan computerized method di dalam PBM (menggunakan software TOEFL di setiap pertemuan kelas). Hal ini akan membantu anda untuk terbiasa berada di depan layar komputer dalam waktu yang lama, terbiasa menggunakan keyboard dan mouse, terbiasa menggunakan headset dan menjawab soal-soal langsung pada layar (bukan di kertas).
  5. Lebih baik lagi jika lembaga tersebut memiliki seorang iBT master trainer, yaitu seorang trainer yang memiliki sertifikasi khusus dari ETS sebagai pemberi arahan tentang iBT-TOEFL (bukan sertifikasi test). Karena mereka telah dibekali oleh ETS berbagai strategi menjawab test serta teknik penilaiannya.
  6. Lebih baik juga anda menjalankan training iBT pada lembaga yang adalah iBT Testing Center. Dengan demikian anda juga bisa sekaligus menjalankan test di lokasi yang sama, sehingga anda sudah terbiasa dengan lingkungan dan fasilitas yang akan hadapi pada hari test.
  7. Bagi yang baru pertama kali akan menghadapi iBT disarankan mencari lembaga yang menyediakan iBT Simulation Test untuk membantu anda mengetahui seluk beluk format test yang ada pada iBT dan bisa juga membantu anda mempertimbangkan apakah anda perlu mengambil training atau tidak. Sebaiknya iBT Simulation Test yang disediakan lengkap dengan speaking dan writing test, bukan reading dan listening saja.
Tips ini sifatnya tidak wajib dijalankan. Sebagai saran, ulasan ini hanya mencoba membantu pembaca yang akan mempersiapkan iBT-TOEFL Test. Pelaksanannya tentu bergantung pada kemampuan nyata para pembaca. Beberapa memang sudah sangat memadai dengan kemampuan English, sehingga bisa belajar sendiri. Sebagian yang lain meski memiliki kemampuan English namun masih terbatas dan memerlukan pembimbing dalam mempelajari teknik dan strategi agar bisa mencapai target score yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment