Protected by Copyscape Plagiarism Checker

October 06, 2010

Find the Right Approach to Test Prep

Satu-satunya jalan yang buruk dalam persiapan menghadapi sebuah test adalah dengan TIDAK bersiap sama sekali. Berikut adalah tips nya:

Reading adalah langkah paling penting
Cara termudah, dan paling kuat untuk mempersiapkan diri mengahadapi test TOEFL, SAT, dan lainnya adalah dengan BANYAK MEMBACA! Dengan sering membuka kamus, anda bisa meningkatkan vocabulary anda. Tapi jika anda tidak suka membaca, dan benar-benar menghindari membaca, maka anda harus mencari strategi lain yang lebih tepat secepatnya untuk meningkatkan skill dan siap untuk mengahadapi test yang lebih banyak menitikberatkan pada verbal skills.
Opsi persiapan test secara mandiri (self - study)
Pendekatan yang tidak terlalu intensive (dan murah biaya) adalah dengan belajar mandiri dengan satu atau lebih material test prep. Cara ini memerlukan lebih banyak self-direction dan motivasi.
Anda mungkin akan merencanakan untuk belajar antara 20 - 30 menit setiap hari sampai dengan hari test tiba. Dengan melakukan practice test sendiri, anda bisa mereview bagian-bagian mana yang harus diperbaiki dan mulai bekerja untuk memperbaiki bagian-bagian yang paling banyak memberikan anda kesulitan.

Opsi persiapan test dengan menjalani sebuah kelas persiapan
Opsi yang paling intensive adalah dengan menjalani kelas persiapan test, bisa dengan kursus online ataupun kursus privat yang diselenggarakan oleh lembaga atau tutor loka atau grup. Kelas yang baik adalah kelas persiapan yang dapat memberikan anda test-taking strategies, memberikan arahan dasar dan membimbing dengan practice test.

Opsi persiapan test dengan seorang tutor
Pada akhirnya, mungkin anda akan menjatuhkan pilihan pada cara belajar 1 lawan 1 dengan seorang tutor dalam mempersiapkan seluruh sesi test. Cara ini memerlukan biaya lebih banyak dan lebih memerlukan pendekatan pribadi (personalized). Tutor yang baik adalah tutor yang dapat memberikan diagnostic practice tests dan dengan cepat menyesuaikan pada bagian tersulit dimana anda anda lebih banyak memerlukan waktu dan tenaga untuk menghadapainya. Seperti di dalam sebuah kelas, harus ada kecocokan antara anda dengan tutor. Jika tutor anda tampak sangat keras pada anda, meminta anda terus melakukan homework dan menekan anda agar bisa terus memperlihatkan kemajuan sampai pada level yang lebih tinggi, kami akan mendukung anda untuk tidak menyerah. Jika tujuan anda adalah untuk menningkatkan score dan mencapai score yang tinggi (bukankah itu tujuan dasar melakukan persiapan test?!) tutor seperti inilah yang mungkin anda butuhkan.

Usaha dan waktu melakukan persiapan test
Anda akan memperoleh hasil dari berbagai cara yang telah anda pilih. Seperti kata pepatah, "No Pain, No Gain". Score anda tidak akan menjadi lebih tinggi jika hanya mengeluarkan banyak uang tapi tanpa usaha nyata. Salah satu pendekatan yang bisa kami sarankan sebagai awal (starting point) adalah mulailah dengan memperiapkan materi test prep yang sesuai dan mungkin juga dengan mengikuti kelas jangka-pendek.
Jangan Menyerah-pengorbanan anda akan terbayar. Tidak masuk akal jika anda harus menjalani test sampai dengan lebih dari 6 kali. Tetapi jika hanya 2 - 3 kali test saja, masih cukup bisa dimaklumi. Ingatlah: "it's best to start early, but it's never too late to improve."

Ditulis oleh:
By Howard and Matthew Greene, the hosts of two PBS college planning programs and authors of the Greenes' Guides to Educational Planning series and other books.
Disadur dari: http://www.petersons.com/college-search/find-approach-test-prep.aspx

No comments:

Post a Comment